Flocking Boids

Definisi

Flocking is a computer model for the coordinated motion of groups (or flocks) of entities called boids. Flocking represents group movement—as seen in bird flocks and fish schools—as combinations of steering behaviors for individual boids, based on the position and velocities of nearby flockmates.

Flocking adalah model komputer untuk gerakan terkoordinasi dari kelompok (atau flocks) dari entitas disebut boids. Flocking menunjukkan gerakan kelompok --seperti yang terlihat dalam kawanan burung dan kawanan ikan-- sebagai kombinasi dari kendali perilaku terhadap individu boids, berdasarkan pada posisi dan kecepatan dari flockmates terdekatnya.

Though individual flocking behaviors (sometimes called rules) are quite simple, they combine to give boids and flocks interesting overall behaviors, which would be complicated to program explicitly.
Meskipun perilaku individu yang berkelompok (kadang-kadang disebut rules / aturan) cukup sederhana, mereka bergabung untuk memberikan boids dan flocks perilaku keseluruhan yang menarik, yang akan rumit untuk diprogram secara eksplisit.

Flocking is useful for games where groups of things, such as soldiers, monsters, or crowds move in complex, coordinated ways.
Flocking berguna untuk permainan (komputer) di mana kelompok benda, seperti tentara, monster, atau kerumunan bergerak dalam jalur yang kompleks dan terkoordinasi.

Flocking was first proposed by Craig Reynolds in his paper "Flocks, Herd, and Schools: A Distributed Behavioral Model," published in Computer Graphics, 21(4), SIGGRAPH'87, pp. 25–34.

Model Flocking Dasar

Model flocking dasar terdiri dari tiga kendali perilaku sederhana (atau rules):
  1. Separation
    Kendali untuk menghindari kerumunan flockmates di sekitarnya (lokal).
  2. Alignment
    Kendali untuk menghadap ke arah yang sama dengan rata-rata flockmates di sekitarnya (misal, sama-sama menghadap kanan).
  3. Cohesion
    Kendali untuk bergerak menuju ke tujuan yang sama dengan rata-rata flockmates di sekitarnya.
Aturan tersebut sebagaimana diilustrasikan oleh gambar berikut :

tiga kendali sederhana (rules) pada model flocking dasar